ANALISIS PENGARUH PROMOSI, CITRA MEREK DAN PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AKI MELALUI DELIVERY ORDER DI SHOP AND DRIVE SEMARANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi, citra merek dan persepsi kemudahan terhadap keputusan pembelian aki melalui delivery order di Shop and Drive Semarang dimana keputusan pembelian adalah tindakan dari konsumen untuk mau membeli atau tidak terhadap produk Populasinya adalah seluruh masyarakat Kota Semarang yang membeli aki melalui delivery order di Shop and Drive Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi, citra merek dan persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil koefisien determinasi menunjukkan diperoleh sebesar 0,618 yang artinya 61,8 persen variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel promosi, citra merek dan persepsi kemudahan, sedangkan sisanya sebesar 38,2 persen keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lainnya.
Keyword : Promosi, citra merek, persepsi kemudahan dan keputusan pembelian
Daftar Pustaka
Walukukow, Mananeke, Sepang. 2014. Pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal EMBA vol.2. no.3.
Tsaanii, Ardini. 2016. Analisis persepsi dan keterlibatan konsumen terhadap pengambilan keputusan pembeian. Jurnal ilmu dan riset ISSN : 24600585
Musay. 2013. Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian. Jurnal ilmu dan riset manajemen vol. 2 no 4.
Ferdinand, Augusty. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: BP UNDIP.
Gozali, Imam. 2013. Aplikasi analisis multivariate dengan program Ibm spss. Semarang: BP UNDIP.
Weenas. 2013. Kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Jurnal EMBA vol.1 no.4.
Kotler, Philip. 2013. Manajemen pemasaran jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.
Suhir, Suyadi, Riyadi. 2014. Pengaruh persepsi resiko, kemudahanan manfaat terhadap keputusan pembelian secara online. Jurnal administrasi bisnis (JAB) vol.8 no.
Riyono, Budiharja. 2016. Pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan brand image terhadap keputusan pembelian. Jurnal STIE Semarang, vol 8 no 2.
Wahyuni, Perdamean. 2016. Pengaruh iklan, harga dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian. Jurnal studi manajemen dan bisnis vol.3 no1.
Sugiyono. 2012. Metode penelitian bisnis. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Widyawati. 2016. Pengaruh veriety seeking, promosi dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Jurnal ilmu dan riset manajemen volume 5. nomor 2.