Penerapan Strategi Digital Marketing Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Sektor Kuliner Berdasarkan Perspektif Ekonomi”. (Studi Kasus pada UMKM di Kelurahan Wonodri, Kecamatan Semarang Selatan).
Abstract
UMKM memiliki peranan penting dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk mengembangkan UMKM adalah melalui strategi pemasaran dengan menggunakan metode digital marketing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi digital marketing yang digunakan oleh UMKM yang ada di Kelurahan Wonodri, Kecamatan Semarang Selatan dalam mempertahankan serta meningkatkan profit usahanya yang sesuai dengan perspektif ekonomi. Konsep dari penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Menggunakan teknik observasi dan wawancara, dengan jumlah informan yang diwawancarai sebanyak 16 orang sebagai pelaku usaha sektor kuliner. Manfaat penelitian ini adalah: Secara praktis hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada para pelaku UMKM, tentang strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan profit usahanya serta sebagai bahan pertimbangan bagi pelaku usaha dalam mengambil keputusan, khususnya mengenai strategi digital marketing di masa yang akan datang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing merupakan strategi pemasaran yang tepat dalam meningkatkan penjualan. Para pelaku UMKM Sektor Kuliner di Kelurahan Wonodri sudah sekitar tujuh puluh persen (70%) menerapkan pemasaran berbasis digital dan terbukti dapat meningkatkan omset penjualan dengan rata-rata diatas 60%, bahkan ada yang sampai 90%. Hal ini membuktikan bahwa dengan berpromosi melalui digital membuat penjualan semakin meningkat, hal ini dipengaruhi oleh kemudahaan konsumen dalam mengakses informasi usaha dan memesan produk.
Keyword : Pemasaran, Digital, UMKM, Media Sosial
References
Amalia, Alfi., Wahyu, H., dan Agung, B. (2012). “Analisis Pengembangan Usaha Pada Usaha UMKM Batik Semarang Di Kota Semarang”. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. 01(1). Andrian. (2019). Digital Marketing dan Ragam Produk Pada Minat Beli Konsumen Toko Online Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Angkatan 2016. Jurnal Bisnis dan Manajemen 03(1), 23. Ali, H. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS Anoraga, Panji. (2010). Ekonomi Islam Kajian Makro Dan Mikro. Yogyakarta : Dwi Chandra Wacana. Basu Swastha dan T. Hani Handoko, (2000). Manajemen Pemasaran (Analisa Perilaku Konsumen), Yogyakarta: BPFE UGM. Bukhari Alma (2005) Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa Edisi Revisi. Bandung: Alfa Beta. Bank Indonesia, “Undang-Undang No. 20 tahun 2008” dalam http://bi.go.id/uubi-/documents, (15 Februari 2019). Dave Chaffey. (2015). Digital Business and E-Commerce Management, Strategy, Implementation, and Practice. England: Pearson Education Limited. hlm.18. Chaffey, D., Chadwick, F. E., Mayer, R., & Johnston, K. (2009). Internet Marketing: Strategy, Implementation, and Practice. United States: Prentice Hall. Djakfar, Muhammad. (2007) Etika Bisnis dalam Perspektif Islam, (Malang: UIN Malang Press, 2007), h. 13-14. Donni Junni Priansa. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta. Goel, R., Sahai, S., Krishnan, C., Singh, G., Bajpai, C., & Malik, P. (2017). An Empirical Study to Enquire the Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age with Reference to Indian Economy. Pertanika Journal of Social Sciences & Humanities, 25(4). Gunawan, Andi Chakti. (2019). The Book Of Digital Marketing. Jakarta: Celebes Media Perkasa. Helmalia, Afrinawati. (2018). Pengaruh E-Commerce Terhadap Pendapatan Usaha Kecil Mikro dan Menengah Kota Padang. JEBI. 03(2), 245. Kotler, Philip. (2012). Manajemen Pemasaran. Indonesia: PT. Macanan Jaya Cemerlang. Soetjipto, N. (2020). Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi COVID-19.Yogyakarta: K-Media. Marius P. Angipora. (2007). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Manullang, Sardjana Orba. (2021). Manajemen Pemasaran Perusahaan. Medan: Yayasan Kita Menulis Nurrohma, Toni. (2019). Implementasi Digital Marketing Komunitas Ayokedamraman Sebagai Strategi Pengembangan Objek Wisata Kota Metro. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro. Rakanita, A.M. (2019). “Pemanfaatan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak”. Jurnal EKBIS, 20(2). Regina, A.N., Sherine dan Uun R., (2020). Penerapan Strategi Online Marketing UMKM Pada Era Normal Baru. Resalawati, Ade. (2011). Pengaruh perkembangan usaha kecil menengah terhadap pertumbuhan ekonomi pada sektor UKM Indonesia. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Rubiyanti, Teni., Sri, H., dan Sahrani. (2017). Etika Bisnis Islam Digital Marketing Berbasis Syariah. Fakultas Perbankan Syariah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Rahmana Arief, (2011). Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Informasi Terdepan tentang Usaha Kecil Menengah. Jakarta. Ridwansyah, Ardhi. (2017). Instant Marketing For Busy People: Rangkuman Intisari Pemasaran. Esensi. Jakarta. Sari, Novita. (2018). Analisis Faktor- Faktor yang Menentukan Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi pada Online Shop (Studi pada Online Shop di Jalan Dr. Mansyur Medan). Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara Medan. Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: CV.Andi Offset. Sula, Muhammad Syakir dan Hermawan Kartajaya. (2006). Syariah Marketing. Bandung: Mizan. Sukron, Muhammad. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Batik Al-Fath Kota Jambi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Soetjipto, N. (2020). Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi COVID-19. Yogyakarta: K-Media. Setyawati, Amelia. (2021). Keunggulan Bersaing dan Kinerja UMKM. Media Nusa Kreatif Sanjaya, Ridwan dan Josua Tarigan. (2009). Creative digital marketing : Teknologi berbiaya murah, inovatif, dan berdaya hasil gemilang. Jakarta: Elex Media Komoutindo Sulaksono, Juli dan Nizar Zakaria. (2020). Peranan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) desa Tales kabupaten Kediri. Generation Journal. Vol. 4 (1) 41-4 Trullin, Putri. (2021). Pemasaran Produk UMKM Melalui Media Sosial Dan E-Commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi. 05(2). Tulus T.H. Tambunan. (2009). UMKM di Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia. hal.16-19. Tulus T.H Tambunan. (2001). Perekonomian Indonesia: Teori dan Temuan Empiris. Bogor: Ghalia Indonesia Tjiptono, Fandy. (2012). Strategi Pemasaran: CV. Andi Offset. Wella, S. F., & Chairy, C. (2020). Implementasi Sustainability Sebagai Alat Pemasaran Pada Era Pandemi COVID 19 Hamdani. (2020). Mengenal Usaha Mikro Kecil dsn Menengah (UMKM) Lebih Dekat. Jakarta. Uwais Penerbit Indonesia