Analisis Praktikum Fisika Menggunakan Tracker Video Analysis (TVA) Pada Konsep Gerak Jatuh Bebas

Proceding, 1, 00 0000, 2023
Diah Aryati Puji Lestari, S.Si, M.Si; IRYAN DWI HANDAYANI, S.Pd., M.Pd.; Sulistyowati, S.T., M.T.
; iryanidwi@usm.ac.id;

Abstract

Abstract— Kegiatan eksperimen fisika membutuhkan sebuah kit untuk membuktikan sebuah konsep fisika atau untuk menentukan besarnya sebuah konstanta. Berbagai metode digunakan untuk mengukur percepatan gravitasi bumi. Variabel pun dilibatkan, antara lain ketinggian (posisi) benda dan waktu. Penggunaan stopwatch menjadi kendala tersendiri pada proses pengukuran. Untuk meminimalisir kesalahan tersebut, perlu dibuatlah sebuah alat eksperimen yang lebih akurat. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai percepatan gravitasi menggunakan konsep gerak jatuh bebas pada ketinggian tertentu yang diinginkan. Data tersebut dianalisis menggunakan software Tracker Video Analysis (TVA) untuk mendapatkan informasi posisi dan kecepatan benda tiap satuan waktu. Berdasarkan grafik vy-t terlihat kecepatan berubah secara linear sehingga dapat dikatakan benda mengalami gerak lurus berubah beraturan. Faktor percepatan dipengaruhi oleh gaya gravitasi dan diasumsikan tidak ada hambatan udara. Dengan melakukan regresi linear terhadap grafik vy-t, maka diperoleh gradien garis yang tidak lain adalah percepatan gravitasi. Percepatan gravitasi rata-rata yang dihasilkan untuk ketinggian 1 meter pada berbagai variasi ketinggian adalah sebesar 9,833 m/s2.

Keyword : Percepatan Gravitasi, Gerak Jatuh Bebas , Video Tracker Analysis (TVA)


References

[1] Afifah. D. N.. Yulianawati. D.. Agustina. N.. Dewi. R.. & Lestari. S. (2015). Metode Sederhana Menentukan Percepatan Gravitasi Bumi Menggunakan Aplikasi Tracker Pada Gerak Parabola Sebagai Media dalam Pembelajaran Fisika Sma. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015). 1(Snips). 305–308. [2] Asri. Y. N.. & Mulyati. B. (2019). Application of Infrared Sensors to Determine Gravity Acceleration as Experimental Set of Learning Media. Jurnal Pedagogik. 06(02). 514–533. [3] Asrizal. A.. Yohandri. Y.. & Kamus. Z. (2018). Studi Hasil Pelatihan Analisis Video dan Tool Pemodelan Tracker pada Guru MGMP Fisika Kabupaten Agam. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep). 2(1). 41–48. [4] Dasriyani. Y.. Hufri. & Yohandri. (2015). Pembuatan Set Eksperimen Gerak Jatuh Bebas Berbasis Mikrokontroler Dengan Tampilan Pc. Pillar of Physics. 5(April). 89–96. [5] Firdaus. T.. Erwin. E.. & Rosmiati. R. (2019). Eksperimen Mandiri Siswa dalam Penentuan Percepatan Gravitasi Bumi pada Materi Gerak Jatuh Bebas. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences. 11(1). 31–36. [6] Gregorio. J. B. (2015). Using Video Analysis . Microcomputer-Based Laboratories (MBL ’ s ) and Educational Simulations as Pedagogical Tools in Revolutionizing Inquiry Science Teaching and Learning. K‐12 STEM Education. 1(1). 43–64. [7] Mosey. H. I. R.. & Lumi. B. M. (2016). Penentuan Percepatan Gravitasi Lokal di Universitas Sam Ratulangi Manado Berdasarkan Teori Getaran Harmonik. JURNAL ILMIAH SAINS. 16(2). 104–107. [8] Muhammad Habibbulloh. 1) Madlazim. (2014). PENERAPAN METODE ANALISIS VIDEO SOFTWARE TRACKER DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KONSEP GERAK JATUH BEBAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA KELAS X SMAN 1 SOOKO MOJOKERTO. 4(1). 15–22 [9] Nasar. A. (2017). Keefektifan Pembelajaran Sains Melalui Eksperimen Laboratorium Dalam Meningkatkan Pemahaman dan Penerapan Konsep Serta Kinerja Ilmiah Peserta Didik. Dinamika Sains. 1(1). 1–7. [10] Nurullaeli. N.. & Astuti. I. A. D. (2018). Pembuatan Graphic User Interface (GUI) untuk Analisis Ayunan Matematis Menggunakan Matlab. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences. 10(2). 48–56. [11] Oktova. R. & S. (2013). Pemanfaatan Tracker Dalam Eksperimen Ayunan Bandul Teredam Untuk Penentuan Koefisien Viskositas Udara Dengan Hukum Landau-Lifshitz. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education). 5(1986). 43–59. [12] Permatasari. N. B.. Bawono. D. S.. & Puspitasari. F.(2018) .Gerak jatuh bebas. https://www.academia.edu/39166189/GERAK_JATUH_BEBAS. Diakses pada 17 Mei 2020. [13] Raflesiana. V.. Herlina. K.. & Wahyudi. I. (2019). Pengaruh Penggunaan Tracker Pada Pembelajaran Gerak Harmonik Sederhana Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Interpretasi Grafik Siswa. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika. 5(1). 1–12. http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v5i1. 5207 [14] Ristiawan. A. (2018). Analisis Gerak Jatuh Bebas Dengan Metode Video Based Laboratory (Vbl) Menggunakan Software Tracker. Journal of Teaching and Learning Physics. 3(2). 26–30. https://doi.org/10.15575/jotalp.v3i2.6556 [15] Ristanto. S. (2017). Eksperimen Gerak Jatuh Bebas Berbasis Perekaman Video Di MA Wahid Hasyim. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 3(1/april). 1–8. [16] Rosdianto. H. (2017). Penentuan Percepatan Gravitasi Pada Percobaan Gerak Jatuh Bebas Dengan Memanfaatkan Rangkaian Relai. SPEKTRA: Jurnal Fisika Dan Aplikasinya. 2(2). 107–112. [17] Tipler. P. A. (1998). Fisika untuk sains dan teknik. Jakarta: Erlangga. [18] Wee, Loo Kang, ett all. (2012). Using Tracker as a Pedagogical Tool for Understanding Projectile Motion. Physics Education Journal, P 448-455. [19] Wee, Loo Kang., Kwang, Wee1 Tze. (2015). Video Analysis and Modeling Performance Task to Promote Becoming Like Scientists in Classrooms. American Journal of Educational Research SciEP, Volume 3, Issue 2, Pages: 197-2007. [20] Widiyanto, Susilawati. (2015). Rancangan Kinematika Gerak Menggunakan Alat Eksperimen Air Track untuk Media Pembelajaran Fisika Berbasis Video. Jurnal Informatika UPGRIS, Volume 1, No 2 Young, Hugh. D. (2012). College Physics. 9th. [21] Zainuddin. E. S.. Mufida. D. H.. Kencana. T. D.. & Suprijadi. (2017). Penentuan Tinggi Bangunan Menggunakan Konsep Gerak Jatuh Bebas dan Koefisien Restitusi Tumbukan Untuk Menjelaskan Pembelajaran Mekanika. Seminar Kontribusi Fisika. 290–294.


Preview Document

Detail Item | Repository USM