PENGEMBANGAN MODEL VARIABEL INTERVENING KEPERCAYAAN DAN KERJASAMA MENUJU EFEKTIVITAS PEMASARAN KEMITRAAN USAHA JASA PERHOTELAN DI KABUPATEN SEMARANG

Proceding, 9786026938442, 28 September 2016, 2016
Dian Triyani, SE,MM; Edy Suryawardana, SE,MM; Rr. Lulus Prapti N.S.S, SE,M.Si.
diantriyaniyanata@gmail.com; edysurya6@usm.ac.id; lulus_prapti@yahoo.com

Abstract

Rata-rata tingkat hunian kamar hotel dan tamu yang menginap di Kabupaten Semarang mengalami tren penurunan dari tahun ke tahun terutama dari tahun 2010 (31, 37%) turun mencapai angka 28,90% di tahun 2011 dan tahun 2012 (26,33%) sampai dengan tahun 2013 (25,74%). Artinya diperlukan langkah-langkah yang baik untuk meningkatkan tamu yang bersedia menginap di hotel yang ada di Kabupaten Semarang sekaligus meningkatkan tingkat hunian kamar hotel.

Target luaran dari penelitan ini antara lain adalah; bagi peneliti, penelitian ini merupakan salah satu kesempatan untuk memperdalam pengetahuan sekaligus sebagai ajang aplikasi ilmu manajemen pemasaran yang dimiliki penulis, khususnya yang berhubungan dalam bidang pemasaran penginapan untuk mendukung kemajuan pariwisata di Kabupaten Semarang; bagi institusi tempat penulis belajar, penelitian ini akan semakin memperbanyak studi tentang pemasaran sekaligus dapat menjadi tolak ukur dalam melakukan korelasi dan pengembangan keilmuan pemasaran; bagi penginapan di Kabupaten Semarang, hasil penelitian ini dapat menjadi bahan pemasaran kemitraan yang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Semarang, sehingga dapat menjadi pertimbangan dalam melakukan evaluasi dan pemilihan strategi pemasaran lanjutan untuk meningkatkan pendapatan pelaku usaha penginapan pada khususnya dan masyarakat Kabupaten Semarang pada umumnya.

Penelitian dilaksanakan di hotel atau penginapan di Kabupaten Semarang, dengan responden yaitu 100 tenaga pemasaran hotel atau penginapan di Kabupaten Semarang. Adapun metode pengumpulan data/penyebaran kuesioner menggunakan Purpusive Sampling. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan AMOS / SEM, disesuaikan dengan hipotesis masing-masing, setelah sebelumnya dilakukan pengujian terhadap kualitas data dan asumsi klasik.

Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan terhadap seluruh data yang diperoleh, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Komunikasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepercayaan, Komunikasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kerjasama, Komitmen berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kerjasama, Kepercayaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kerjasama, Kepercayaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap efektivitas pemasaran kemitraan serta Kerjasama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap efektivitas pemasaran kemitraan.

Keyword : Komunikasi, Komitmen, Kepercayaan, Kerjasama, Efektifitas Pemasaran Kemitraan, Hotel, Penginapan.


References

Anderson, james C dan James A, Narus, (1990), “A Model of Distributir Firm and Manufacturer Firm Working Partnership”. Journal of Marketing, Vol.54 January, pp 42-58.

 

Arikunto,Suharsimi.(2002) ,Prosedur Penelitian” Jakarta: Renika Cipta.

 

Dickey, M.H., McKnight, D.H., and George, J.F.,(2007), “The Role of Trust in Franchaise Organization”, International Journal of Organizational Analysis, 15, 3, pg. 251– 282

 

Dwi Yanu Atmaja & Mudiantono, (2004), “Analisis Efektivitas Hubugan Pemasaran dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya (Studi Kasus pada AQUA di Jawa Tengah dan Jogjakarta)”, Journal Bisnis dan Ekonomi, Vol 11, No.1 Hal 1-12.

 

Ferdinand, Augusty T, (2002), Structural Equation Modelling Dalam Penelitian Manajemen, BP Undip, Semarang.

           

Fredendall, L.D., Hopkins, C.D., and Bhonsle, A., (2005), “Purchasing’s Internal Service Performance: Critical External And Internal Determinants”, The Journal of Supply Chain Management, Spring, 41, 2, Proquest, pp. 26-38.

 

Ganesan, Shanker, (1994), “Determinants of long Term Orientation in Buyer-Seller Relationship”, Journal of Marketing, Vol.58, April, pp.1-19.

 

Gransgjo, Y.v.F. and Gummesson, E., (2005), “Hotel Networks and Social Capital in Destination Marketing”, International Journal of Service Industry Management, 17, 1, Proquest, pp. 58 - 75

 

Gronroos, C, (1998), “Service Quality: The Six Criteria of Good Perceived Service Quality”, Review of Business, Vol 9, Winter, pp. 10-13.

 

J. Supranto, (2003), Metode Reset dan Aplikasinya Dalam Pemasaran, Jakarta: Renika Cipta.

 

Kabupaten Semarang Dalam Angka, 2008, 2009, 2010, 2011, 2012, 2013, Ungaran, BPS

 

Kotler, (1997), “Manajemen Pemasaran”, PT. Prenhallindo, Jakarta.

 

Kotler,Philip dan Armstrong,Gary.(1997). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Mohr, Jakki dan John R. Nevin, (1990), "Communication Strategies in Marketing Channels: A Theoretical Perspective", Journal of Marketing, October, pp. 36-51

Morgan, Robert M., dan Shelby D.Hunt, (1994), “An Experimental Approach to Investigating Satisfaction and Continuity in Marketing Alliances”, European Journal of Marketing, Vol.29 No.4, pp. 6-23.

Salegna, G.J. and Goodwin, S.A., (2005), “Consumer Loyalty to Service Providers: An Integrated Conceptual Model”, Journal of Consumer Satisfaction, Dissatisfaction and Complaining Behavior, 18, pp. 51-67

Smith, J. Brock and Donald W, Barclay, (1999), “Selling Partner Relationship: The Role of Interdeendence and Relative Influences”, Journal of Personal Selling and Sales Management, Vol.XIX, No.4, Fall, pp.21-40.

Solomonson, W.L., (2012), “Trust and The Client-Consultant Relationship”, performance improvement quarterly, 25 (3), pp. 53-80

Uday, Pareek, (1984), “Perilaku Organisasi”, Perguruan Tinggi, Minda


Preview Document

Detail Item | Repository USM