“PENGARUH HARGA, PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI PRODUK ANTI KARAT (Studi kasus pada Nusa Rust Protection Semarang)”

Tugas Akhir Mahasiswa, , 26 September 2017, 2017
ADHA SUPRAYOGA
URL :
No Jenis File File
1 Judul
2 Abstrak
3 Halaman Persetujuan-Pengesahan dan Berita Acara Kelulusan (Ujian)
4 Surat Keaslian (Orisinalitas)
5 Daftar Isi
6 BAB Penutup
7 Daftar Pustaka

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh dari tahun 2013 s/d 2015 jumlah penjualan pada Nusa Rust Protection, Semarang terus mengalami penurunan jumlah penjualan perusahaan dari tahun 2013 sampai 2015. Dari data tersebut penjualan jasa anti karat pada tahun 2013 sebesar 967 jasa, pada tahun 2014 sebesar 868 jasa, pada tahun 2015 sebesar 624 yang sebagai sebuah apresiasi negatif dan belum diterimanya Nusa Rust Protection oleh pelanggan. Hal tersebut menarik minat peneliti untuk meneliti apa penyebab terjadinya masalah untuk merumuskan strategi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, peneliti menentukan beberapa konsep diantaranya adalah harga, produk, dan promosi variabel yang mempengaruhi dan minat beli sebagai variabel yang dipengaruh.

Sampel penelitian sebanyak 96 responden. Dengan metode pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling jumlah sampel menggunakan rumus Lemeshow. Alat analisi yang dipakai adalah Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, promosi berpengaruh positif terhadap minat beli.

Keyword : harga, produk, Dan promosi, minat beli

Daftar Pustaka

Adijati Utaminingsih. 2016. Pengaruh orientasi pasar, inovasi, dan kreativitas strategi Pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada ukm kerajinan Rotan di desa teluk wetan, Welahan, Jepara. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Vol. 31, No. 2.

Arifin, Zainal dan Setiawan Adhi. 2012. Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ICT. Yogyakarta : Skripta Media Creative.

Ahmadi, Abu dan Supriyono, Widodo. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Abdul Halim & Syam Kusufi. 2012. Akuntansi Sektor Publik : teori, konsep dan aplikasi. Salemba Empat : Jakarta.

Algifari. 2003. Statistika Induktif untuk Ekonomi dan Bisnis, edisi 2. Yogyakarta: AMP YKPN.

Ali Hasan. 2011. Marketing Mulut ke Mulut. Yogyakarta: Media Pressindo.

Basu, Swasta dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Bansal, Harvir S. and Voyer, Peter A. 2000. Word Of Mouth Processes within a Service Purchase Decision Context.

Bearden et al. 2004. Marketing Principles and Perspectives, Fourth Edition. New York: Mcgraw Hill/ Irwin.

Darmasetiawan,martin. 2004. Sarana sanitasi Perkotaan. Jakarta: Ekamitra Engineering. 

D’Aveni, R. A. 1994. Hypercompetition: Managing the Dynamics of Strategic Maneuvering. New York: The Free Press.

Droge, C., Vickery, S.K.1995. The Impact of Human Resource Management Practice on Performance. Journal of Operations Management18.

E. Porter, Michael. 1993. Keunggulan Bersaing: Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Jakarta: PT. Gramedia.

Fandy Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset.

Fatkhul, Mujib Mohammad. 2010. Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Secara Langsung dan Tidak Langsung Terhadap Kinerja Usaha Kecil & Menengah (UKM) Studi Pada Pelaku UKM di Kabupaten Kebumen. Semarang: Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponogoro.

Ferdinand, Augusty. 2006. METODE PENELITIAN MANAJEMEN: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen, Edisi 2. Semarang: CV Indoprint.

Gaspersz, Vincent. 1998. Manajemen Bisnis Total. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Gosmawi,Girri. 2008. Study on Brand Switching in Consumer Product. Vikalpa. Vol.35 No.2: 3.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Keempat. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Halim. 2011. Kapabilitas Pemasaran Sebagai Mediasi Pengaruh Orientasi Pasar Orientasi Pembelajaran Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada Usaha Menengah di Sulawesi Tenggara). Yogyakarta.

Hooley, J. M., & Hiller, J. B. 2000. Expressed emotion and the pathogenesis of relapse in schizophrenia. Journal of Abnormal Psychology.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2006. Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Lila Fitria Sari. 2013. Pengaruh Orientasi pasar dan kreativitas terhadap Kinerja Pemasaran pedagang pakaian jadi di pasar kliwon Kabupaten Kudus. Management Analysis Journal2(1).

Kuncoro Mudrajad. 2003. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Moen J C dan Minor. 2008. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Nasution, M.N. 2004. Manajemen Jasa Terpadu. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.

Narver, J., Slater, S. 1990. The Effect of a Market Orientation on Business Profitability. Journal of Marketing. vol 54.

Nur Indirantoro dan Bambang Supomo. 2002. Metode Penelitian Bisnis, Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Nurtiah. 2016. Pengaruh Orientasi Pasar Dan Manajeman Pengetahuan Terhadap Kinerja Pemasaran. Yogyakarta: Jurnal Departemen Kimia FMIPA Universitas Gadjah Mada.

Peter, J. Paul dan Olson C., Jerry. 2005. Consumer Behavior Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Richins, Marsha L. 2003. Negative Word-of-Mouth by Dissatisfied Consumers: A Pilot Study. Journal of Marketing, Volume 47 (Winter), 68-78.

Rosen, Emanuel. 2004. Kiat Pemasaran dari Mulut ke Mulut. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Stanton, William, J. 2003. Prinsip Pemasaran, Jilid 1, Edisi kesepuluh. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian. CV. Alfabeta, Bandung.

Suryana. 2003. Kewirausahaan, Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: PT.Salemba Empat.

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Konsumen Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Swasta, Basu. 2003. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi ke dua. Yogyakarta : Liberty.

SWA No 17/10-23 Juni 2013.

Tanoko, Hendro. 2010. Kontributor Kinerja Pemasaran Dari Aspek Reward, Individu dan Kreativitas Strategi Pemasaran. Jurnal Dinamika Manajemen. Vol. I, No.2: 115-124.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi 2. Yogyakarta: Andy offset.

Umar Husein. 2002. Metode Penelitian, Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta.

Voss GB dan Voss ZG, 2000. “Strategic Orientation and Firm Performance in an Artistic Environment”, Journal of Marketing.

Wachjuni. 2014. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kinerja Pemasaran Dalam Upaya Mencapai Keunggulan Bersaing. Semarang: Universitas Diponegoro. 

Wahyono. 2002. Orientasi Pasar dan Inovasi, Pengaruhnya terhadap Kinerja. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Hlm. 23 – 40.

Detail Item | Repository USM